Senin, 07 Maret 2011

CARA PROGRAM MOTOROLA GP2000

Untuk Motorola GP 2000 memang yg tampil di layar hanya CH - 1 s/d 99 atau kalo sudah diberi nama , yg tampil di layar adalah Nama dari channel tsb...... , tapi juga ada yg sudah di program sejak awal pemakaian pesawat (VFO / Memory)...., silahkan dicoba menekan tombol A , B, C, atau D ( kegunaan masing-2 tombol tsb tidak sama antara pesawat yg satu atau yg lainnya ...... tergantung setting awalnya , misalnya : A =VFOangka / Mem ; B= H/ L/ E ; C = PID ON/OF ; D = CH / Nama)

Untuk merubah angka (frekwensi) dari channel tsb ikuti langkah2 sbb :

1.Tekan tombol bulat (diatas tombol PTT) sambil radio di hidupkan .... akan muncul huruf RW pada layar.
2. Tekan tombol + / - , akan tampil CH-1 , CH2 , dst..... (kalo +/plus yg ditekan) ..... atau akan muncul VFO, CH99, CH88.....dst kalo tanda -/minus yg ditekan)
3. Misalnya kita mau merubah Frekwensi yg ada di CH 1.......
a. Tekan tombol PTT.... muncul CH ON
b. Tekan lagi tombol PTT..... akan muncul R ........ (mis : R 1435500).... artinya kita mendengarkan pada frekwensi 143.550 MHz....... silahkan rubah dengan menekan keypad (ada 7 digit , yg paling akhir tekan angka 0)
c. Tekan lagi tombol PTT ...... akan muncul T........ artinya transmitnya ada di frekwensi tsb ...... silahkan rubah spt urutan diatas(b)......
d. Kalo R & T dibuat angka sama , itu artinya untuk komunikasi point to point / direct , sedang kalo utk repeater , tentunya R & T angkanya berbeda , menyesuaikan Rx/Tx repeaternya .
e. Tekan lagi tombol PTT ....... akan muncul .... RPL 000...... itu frekw tone untuk receive . Kalo 000 artinya tanpa tone (sebaiknya RT tetap pada angka 000)
f. Tekan tombol PTT....... akan muncul CPL 000 (tanpa tone transmit) , atau mis : CT009 (ketika transmite akan mengandung tone 88,5) ........ merubah angka pada RPL / CPL dengan cara menekan tombol +/-
g. Tekan lagi tombol PTT utk mencari menu yg lain........ dan utk memberi nama pada channel tsb , ketika di layar muncul TAG , tekan tombol +/- untuk memberi nama dengan cara tekan keypad , sesuai keinginan anda.
h. Tekan lagi PTT..... sampai ketemu CH-ON........ baru radio di matikan , kemudian hidupkan lagi........ ketika radio dihidupkan sehabis pemrograman selalu kembali ke CH-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.